Kegiatan Sekolah

PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI SMPN 20 SURABAYA CEGAH COVID-19


Pada saat ini penyebaran virus corona atau Covid-19 belum kunjung usai atau reda. Usaha SMP Negeri 20 Surabaya untuk memutus rantai Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), tim yang tergabung di Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di sekolah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi di lingkungan belajar.

 

Disinfektan merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme seperti virus dan bakteri yang terdapat pada objek permukaan benda mati.



 

Sasaran penyemprotan antara lain di lingkungan ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, perpustakaan, ruang lab, toilet, masjid, taman, lobby sekolah dan sekitarnya.

 

Penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi ini dilakukan secara rutin. Kalau dipandang perlu dan darurat bisa saja dilakukan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi setelah kegiatan sekolah berlangsung.


 

Disinfektan berbeda dengan antiseptik. Kalau antiseptik, membunuh atau menghambat mikroorganisme pada jaringan hidup. Lingkungan SMP Negeri 20 Surabaya juga menyediakan wastafel pada akses umum dan depan ruangan, serta hand sanitizer di setiap ruang. Hal ini merupakan upaya pencegahan untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19. (*)