Profil

SMP NEGERI 20 SURABAYA PERINGATI HARI KARTINI

SMPN 20 SURABAYA PERINGATI HARI KARTINI


Setiap tanggal 21 April oleh bangsa Indonesia dieringati sebagai Hari Kartini. Hal itu dilaksanakan untuk mengenang jasa Raden Ajeng Kartini sebagai pahlawan perempuan dan pejuang emansipasi wanita di Indonesia.

 

Berkat Kartini, perempuan Indonesia diakui keberadaannya di ruang publik, tidak hanya di ranah domestik. Mereka punya hak dan kesempatan yang sama seperti laki-laki, bisa pergi sekolah, bekerja, berkarya, dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

 

Hari Kartini diperingati berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964. Keputusan Presiden tersebut menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional serta menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April untuk diperingati setiap tahunnya, meski tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional.

 

Para guru SMP Negeri 20 Surabaya memeringati Hari Kartini dengan bangga mengenakan busana adat. Mengenakan busana adat diharapkan akan memberikan makna bahwa perjuangan Kartini untuk kaum wanita merupakan momen mengenalkan budaya pada generasi penerus bangsa dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia. Semprong Jaya! (*)