Kegiatan Sekolah

SMP NEGERI 20 SURABAYA DUKUNG AKSI BERGIZI CEGAH STUNTING




SMP Negeri 20 Surabaya ikut menyukseskan kegiatan aksi bergizi cegah stunting yang dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Mei 2023 oleh Pemerintah Kota Surabaya. Sesuai dengan agenda kegiatan pukul 07.30 senam bersama sudah dimulai yang dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Wali Kota Surabaya bapak Eri Cahyadi, S.T., M.T. Pada pukul 08.00 siswa-siswa SMP Negeri 20 Surabaya melaksanakan sarapan pagi bersama. Tim pelaksana UKS membagikan tablet tambah darah pada pukul 08.15 dan dilanjutkan dengan edukasi interaktif cegah anemia pada remaja.

 

Perlu diketahui bahwa olahraga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain memberikan manfaat fisik yang meliputi kesehatan jantung, kekuatan otot, dan keseimbangan tubuh, olahraga juga memiliki dampak positif pada kesejahteraan mental dan emosional.

 

Oleh karena itu, menjadikan olahraga sebagai bagian penting dalam rutinitas sehari-hari merupakan keputusan bijak untuk menjaga keseimbangan antara tubuh dan pikiran, serta mencapai kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.  Dengan berolahraga secara teratur, seseorang dapat meningkatkan tingkat energi, mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, serta meningkatkan kemampuan kognitif dan fokus.




Selain itu, olahraga juga menjadi sarana penting untuk membangun kebersamaan, kerjasama, dan semangat kompetisi dalam sebuah tim atau kelompok. Dalam masyarakat yang semakin cenderung menjalani gaya hidup yang kurang aktif, olahraga menjadi kunci utama untuk mempertahankan kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.

 

Ada ungkapan Men Sana in Corpore Sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kata-kata itu begitu populer di telinga kita, namun dalam kehidupan sehari-hari aplikasinya tidaklah mudah.

 

Melalui senam UKS dan cuci tangan, Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya berupaya melatih para guru pembina UKS untuk mengajarkan senam-senam kecil tersebut kepada para siswa, hal tersebut dilakukan agar pembelajaran di sekolah tidak membosankan. 

 

Tujuannya ialah agar mereka memiliki semangat dan kebugaran ketika menerima materi dari para narasumber sekaligus di lapangan para guru tersebut dapat mengajarkannya kepada siswa sebelum memulai pelajaran di kelas. Kesehatan dan kebugaran tubuh penting untuk kita jaga bersama terutama menjaga kesehatan para siswa. (*)