Kegiatan Sekolah

KEGIATAN PENUH BERKAH BULAN RAMADAN 1443 H


Pada bulan Ramadan, lembaga-lembaga sekolah di bawah binaan Dinas Pendidikan Kota Surabaya selalu mengisi kegiatan pondok Ramadan bagi peserta didiknya Termasuk SMP Negeri 20 Surabaya pada bulan Ramadan 1443 Hijriah ini juga mengisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.


Pondok Ramadan, pelaksanaan zakat fitrah, dan pembagian takjil. Semua kegiatan itu diharapkan memberikan pembelajaran berharga bagi peserta didik untuk saling menghargai dan berbagi kebahagiaan bagi orang lain.


 

Kegiatan Pondok Ramadan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut mulai hari Senin sampai Rabu tanggal 11-13 April 2022. Pemateri selama Pondok Ramadan melibatkan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila, serta Bimbingan Konseling di SMP Negeri 20 Surabaya.

 

Kegiatan dan materi selama Pondok Ramadan yang diterima oleh peserta didik anatara lain:

  • Melaksanakan salat Duha berjamaah dan tartil Alquran
  • Materi Puasa, Alat, Infak, dan Sedekah
  • Materi Pencegahan dan Penyalahgunaan Napza serta Perundungan
  • Materi Moderasi Beragama dan Peranan Pancasila Menurut Islam
  • Melaksanakan salah Dzuhur berjamaah.


 

Pada hari Kamis tanggal 14 April dilaksanakan pembagian zakat fitrah kepada peserta didik yang membutuhkan. Pembagian zakat fitrah ini dilaksanakan di musala Baitul Ilmi SMP Negeri 20 Surabaya. Pembagian zakat ini memiliki tiga filosofi sebagai berikut:

  • Pertama, aspek tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi yang harus memimpin dan mengatur tersedianya produksi, distribusi, dan konsumsi bagi makhluk hidup di bumi.
  • Kedua, aspek solidaritas sosial yang diharapkan zakat mampu memperkecil social gap atau jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin.
  • Ketiga mengajarkan cinta dan persaudaraan dimana zakat adalah instrumennya.

 

Kegiatan terakhir selama bulan Ramadan adalah pembagian takjil yang dilaksanakan oleh pengurus OSIS SMP Negeri 20 Surabaya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun semangat dan motivasi saling berbagi kepada sesama yang lagi melaksanakan ibadah puasa, serta mengharapkan keberkahan di bulan suci ini. Pembagian takjil ini dilaksanakan pada hari Selasa 27 April 2022 di lingkungan sekitar SMP Negeri 20 Surabaya. Semoga keberkahan selalu terlimpahkan kepada kita semua. (*)